Menjangkau Lebih Lanjut Fenomena Burnout pada Mahasiswa bersama BRICKS

Menjangkau Lebih Lanjut Fenomena Burnout pada Mahasiswa bersama BRICKS

Pandemi COVID-19 menghadirkan banyak perubahan dalam aktivitas sehari-hari, termasuk pembatasan sosial serta perubahan sistem pembelajaran yang menyebabkan mahasiswa terpaksa berkuliah secara daring. Pembatasan tersebut meningkatkan risiko terjadinya stresdi kalangan mahasiswa. Untuk itu, SCORE CIMSA UNAIR mengadakan kegiatan BRICKS (Burnout Research in College Students During a Pandemic) untuk mengidentifikasi fenomena burnout di kalangan mahasiswa FK UNAIR, melatih melakukan penelitian, serta brainstorming. BRICKS merupakan acara rutin tahunan dari SCORE, yang pada tahun ini termasuk dalam “Score Goes Public Level 3” dan perdana dilaksanakan secara online.

BRICKS dilaksanakan via Zoom pada 7, 21, dan 28 Maret 2021 serta dihadiri oleh mahasiswa FK Unair angkatan 2018 – 2020. Rangkaian acara BRICKS dibuka oleh bonding dan upgrading member SCORE CIMSA UNAIR mengenai tata cara pembuatan kuesioner yang dipimpin oleh Project Coordinator SCORE CIMSA, dilanjutkan dengan pengambilan respon kuesioner yang disebarkan melalui sosial media kepada kelompok sasaran. Selanjutnya, data kuesioner diolah dan dianalisis oleh tim peneliti. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan melalui laman Instagram @cimsaunair dalam bentuk infografis. Selama jalannya penelitian, tim peneliti dibimbing oleh dosen pembimbing untuk mengontrol kualitas penelitian. Berbagai kendala ditemui oleh tim peneliti, seperti hambatan dalam pengambilan respon agar memenuhi sampel minimum, adanya revisi, serta koordinasi antar-anggota tim. Namun, penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik dan membuahkan hasil yang informatif. Acara ditutup dengan webinar mengenai “How to Deal with Student Burnout” dan “How to handle Burnout with Hypnotherapy” yang dibuka untuk public sehingga pihak eksternal CIMSA UNAIR dapat mengikuti sharing ilmu tersebut.

Berkaca pada BRICKS tahun ini, panitia berharap agar BRICKS tahun depan dapat dipersiapkan lebih matang dan diikuti oleh lebih banyak partisipan. Selain itu, panitia juga berharap adanya respon dan dukungan positif atas acara ini sehingga dapat terus berlanjut dengan lebih baik di kesempatan mendatang.

Tags:

bem fk unair, bem km fk unair, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran universitas airlangga, fakultas kedokteran universitas airlangga fk unair, smart university, unair hebat, universitas airlangga, world class university, cimsa unair

Penulis            : Yasmin Karimah Ikhsan (Kedokteran 2018)
Editor              : NAT

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *